Reputasi profesionalitas kalian
sangatlah penting dalam kesuksesan karir atau bisnis kalian, tapi
terkadang ada hal-hal yang dapat merusak reputasi tersebut. Mungkin
kalian tidak menyadarinya padahal hal-hal seperti ini cukup berharga
untuk diperhatikan. Berikut 10 hal yang dapat merusak karir kalian,
seperti dilansir berjambang.blogspot.com1. BerbohongBaik
dalam dunia nyata ataupun dunia kerja, berbohong bukanlah suatu hal
yang harus kalian lakukan. Berbohong adalah hal paling utama dan paling
mungkin dapat merusak karir kalian. Dunia kerja merupakan dunia dimana
kata-kata kalian adalah sebuah kontrak dan kalian harus dapat
bertanggung jawab untuk semua perkataan yang kalian keluarkan. Berbohong
dapat muncul dalam banyak bentuk, dimulai dari kebohongan kecil seperti
menutupi kesalahan hingga kebohongan besar seperti korupsi.Ingatlah
bahwa membangun kepercayaan itu tidak mudah dan membutuhkan proses,
tapi semua kepercayaan yang kalian bangun dapat hancur hanya dengan 1
kebohongan.2. Membuat Komitmen yang Tidak Dapat kalian TepatiSeperti
yang telah dikatakan di poin nomor 1, Kredibilitas (kualitas
kepercayaan) kalian dibangun dengan menunjukkan bahwa kalian dapat
menepati apa yang kalian katakan. Tapi jika kalian melakukan hal yang
sebaliknya, seperti kalian mengatakan bahwa kalian akan mengirimkan
laporan besok dan lupa melakukannya, ini akan merusak kredibilitas
kalian dan kalian dianggap tidak dapat dipercaya.Bahkan
tidak tepat waktu saja dapat merusak kredibilitas kalian, kalian akan
dianggap orang yang suka mengulur waktu dan dalam dunia kerja perkataan
waktu adalah uang memang sangat benar. Jadi berhati-hatilah dalam
membuat sebuah komitmen, hanya buat komitmen yang memang dapat kalian
tepati.3. Tidak ProfesionalSebenarnya
profesional adalah kata yang sangat relatif dan hanya beberapa lingkup
dalam profesional yang dapat benar-benar sama untuk semua lingkungan
kerja. Di lingkungan kerja dengan pakaian yang formal, tentu kalian juga
harus menggunakan pakaian yang formal. Tapi di lingkungan kerja yang
santai dan kalian boleh mengenakan apapun, jika kalian menggunakan
pakaian yang terlalu formal maka kalian akan dianggap terlalu kaku dan
mungkin diberikan label tidak mau beradaptasi.Yang
ingin disampaikan pada poin ini adalah ketahui mengenai lingkungan
kerja kalian dan ikutilah tingkat profesionalitas yang ada di lingkungan
kerja kalian. Dan ketahuilah aturan umum mengenai profesionalitas
janji, komitmen, dan perilaku. Jangan bekerja sebatas pekerjaan yang
diberikan ke kalian, pikirkanlah apalagi yang dapat kalian berikan ke
pekerjaan kalian.4. Marah Besar saat BekerjaYang
kita bicarakan di sini bukanlah marah ringan seperti menceramahi orang,
atau me-kritik orang secara ringan, melainkan sampai pada batas
kemarahan kalian ditunjukkan secara meledak-ledak dimulai dari caci maki
hingga kekerasan.Frustasi
dalam bekerja merupakan hal yang biasa, tetapi jika kalian sudah
melewati batas dimana kalian mulai berteriak, membanting pintu dan
seterusnya, maka hal tersebut benar-benar akan meruak karir kalian.
kalian akan diberikan label sebagai orang yang temperamen dan sangat
cepat marah, beberapa orang akan mulai merasa segan untuk bekerja dengan
kalian, dan label seperti ini sangatlah sulit untuk dilepaskan.5. Berbicara Sembarangan di Social MediaSocial
media dapat merusak karir kalian dalam banyak cara. Tweet atau post
status selagi kalian bekerja saja dapat memberikan kalian label sebagai
pemalas, apalagi jika isi dari status atau tweet kalian memag dapat
merusak karir kalian. Hal seperti ini sudah sering sekali terjadi, jika
kalian mencari di Internet maka banyak sekali kasus-kasus seperti ini
yang dapat kalian temukan. Bahkan foto saja terkadang dapat membuat
kalian dipecat.Jika
kalian memang tidak bisa menahan godaan tweet dan post status, maka
jangan masukkan rekan kerja atau bos kalian ke dalam lingkungan media
sosial kalian. Oleh karena alasan inilah ada linkedIn, yaitu media
sosial untuk kalangan profesional atau dunia kerja.6. Melakukan Pekerjaan yang Tidak kalian SukaiSudah
pengetahuan umum bahwa semakin baik kalian dalam sesuatu, maka akan
semakin sering kalian diminta untuk melakukannya. Tentu saja kalian
tidak perlu melakukan suatu pekerjaan yang tidak kalian sukai secara
buruk dengan sengaja, tapi kalian dapat membicarakan ke atasan kalian.Melakukan
pekerjaan yang tidak kalian sukai hanya akan memberikan beban ke diri
kalian sendiri, dimulai dari stres hingga kalian diberikan label sebagai
orang yang kerjanya setengah-setengah. Dalam mencari sebuah pekerjaan
carilah kerjaan yang memang kalian sukai, hal itu dapat membuat karir
kalian lebih baik dan naik lebih cepat, karena kalian melakukan hal yang
kalian senangi.7. Keluar Kerja Tanpa ada PemberitahuanKecuali
kalian mempunyai alasan yang benar-benar sangat baik, keluar dari
pekerjaan kalian tanpa ada pemberitahuan dapat diibaratkan kalian
membakar satu-satunya jembatan yang mengubungkan kalian dengan orang
yang mempekerjakan kalian, bahkan terkadang juga menyangkut ke rekan
kerja kalian.Ketahuilah
bahwa jika kalian ingin berhenti kerja dari sebuah perusahaan atau
tempat kerja kalian, batas paling baik untuk memberitahukan hal ini ke
atasan kalian adalah 2 minggu sebelum pemberhentian kalian.8. Gagal Dalam Kerjasama TimMenjadi
bagian dari sebuah tim, apalagi jika tim itu memang berhasil, maka
dapat membuat diri kalian mendapatkan peluang karir yang baik. Tetapi
jika kalian selalu berpikir “melakukan semuanya sendiri” maka kalian
dapat diberikan label bukan orang yang dapat bekerjasama.Kalian
mungkin berpikir bahwa kalian dapat melakukan semuanya dan itu lebih
baik karena kalian yakin dengan kualitas kerja kalian, tetapi ketahuilah
bahwa kalian tidak akan dapat berhasil dalam karir kalian jika kalian
tidak bekerjasama dengan siapapun. Mungkin kalian memang dapat
menyelesaikan sebuah proyek dalam waktu 1 bulan, tetapi jika kalian
bekerja bersama sebuah tim yang baik maka kalian dapat menyelesaikan
proyek tersebut dalam waktu 1 minggu.9. Tidak Mengikuti Lingkungan Sosial Lingkungan KerjaTidak
semua orang menyukai kegiatan sosial lingkungan kerja, baik itu
gathering ataupun makan bersama, tapi semakin tinggi jabatan kalian
dalam karir kalian, maka kalian akan sering diharapkan untuk hadir dalam
kegiatan-kegiatan sosial seperti ini.Dalam
beberapa perusahaan, sering melewatkan event-event sosial ini dapat
menandakan bahwa kalian tidak tertarik untuk membangun hubunan antara
rekan kerja kalian, dapat membuat kalian diberikan label anti-sosial
yang pada akhirnya memberhentikan perkembangan karir kalian. Setidaknya
jika kalian memang menyukai kegiatan ini, sesekali hadirilah kegiatan
ini daripada tidak pernah sama sekali.10. Bekerja Untuk Keluarga atau SaudaraDalam
dunia kerja, ada istilah nepotisme, yakni sebuah kejadian dimana
seseorang dipilih bukan karena kemampuannya melainkan relasinya seperti
ia adalah saudara dari si manager, anak si bos dan seterusnya.
Orang-orang yang menjadi subjek dari nepotisme ini terkadang tidak
dianggap oleh karyawan lainnya karena mereka menganggap orang-orang
seperti ini adalah orang yang `curang` dan tidak menggunakan
kemampuannya sendiri.Ketahuilah
bahwa situasi seperti ini adalah situasi yang berbahaya, jika kalian
dapat menunjukkan kemampuan kalian maka itu baik, tetapi jika Anda
mengalami satu kegagalan saja maka label seperti ini akan langsung
menempel ke diri kalian. Jika kalian mempunyai faktor pendukung yang
kuat seperti kuliah di universitas luar negeri ternama, prestasi
mengagumkan dan seterusnya, maka hal ini tidak perlu kalian kiprahi
(cueki saja) karena kalian punya bukti akan kemampuan diri kalian
Terimakasih anda telah membaca artikel tentang 10 Hal yang dapat merusak karir. Jika ingin menduplikasi artikel ini diharapkan anda untuk mencantumkan link https://inspirasime.blogspot.com/2014/08/10-hal-yang-dapat-merusak-karir.html. Terimakasih atas perhatiannya.